Apa Itu WebService, API dan JSON

November 14, 2018 1 Comments

بسم الله الرحمن الرحيم
Apa Itu WebService, API, dan JSON 

Gambar terkait

Assalamualaikum.wr.wb....
Yo Whats Up dengan Kalian, Kalian Baik-baik Saja-kan, Baik di Sini Kita akan Membahas Tentang Apa Itu WebService, API, dan JSON dan Supaya Tertib Kita akan Membahasnya Secara Sunsunan....

1. Apa Itu WebService

Hasil gambar untuk Webservice image
(Pengertian) WebService Ber-Peran Sebagai Sekumpulan Fungsi Program untuk Melakukan Perkerjaan Ter-Tentu yang Dalam Hal ini Tentu Saja Seperti  Memanipulasi Data, Mengambil, Menambahkan dan Atau Mengubah Data.

 (Kegunaan)  WebService Sepenuh-nya BerDasarkan Standard Web dan XML , di Sini WebService dapat Membantu:

1. Pertukaran  Data pada Aplikasi yang Berbeda-Beda
2. Integrasi Data Antara Web 
3. Menyimpan Data yang Tidak Harus Lokal

Dan Teknologi Web Service Memungkinkan Sebuah Project Menjadi Sangat Kecil Ukurannya (Ukuran Download), Karena kebanyakan Data-nya diSimpan ke Dalam WebService sehingga tidak perlu di-Simpan Secara Lokal. WebService ini Juga Memudahkan Kita dalam Memperbaharui Data Dalam Project karena Perubahan hanya diLakukan di WebService dan Semua Aplikasi yang Terinstal Secara Lokal dan Mengakses WebService ini-pun akan secara Otomatis Mengikuti Perubahan ini(Dari WebService). 

2.Apa itu API
Hasil gambar untuk API

(Pengertian)API... Pasti di Antara Kalian ada yang Kebayang Kalau Api itu seperti ini 🔥 bukan API... Hayo Ngaku aja kgk Masalah kok hehehe...,dan Baiklah API adalah Kepanjangan dari "Application Programming Interface", dan API  Memungkinkan Developer untuk MenginTegrasikan Dua Bagian dari Aplikasi yang BerBeda Secara Bersamaan(Mengintegrasikan-nya). API Terdiri dari ber-bagai Elemen Seperti function, protocols, dan tools dan sebagainya, dan Fungsi ini dapat memungkinkan Developer untuk Membuat Aplikasi. Tujuan Pemakaian API ini adalah untuk Mempercepat proses Development untuk Menyediakan function secara Terpisah sehingga Developer tidak perlu membuat fitur yang serupa.

3.Apa itu JSON

Hasil gambar untuk JSON

(Pengertian)Sama Seperti XML...JSON berfungsi untuk menampilkan data, mengolah data dengan bentuk JSON, dan dalam PHP, JSON Merupakan salah satu cara yang mempermudah Programmers untuk Mengelola / Pengelolaan Database.

(Kegunaan)JSON adalah Output yang di Keluarkan untuk API pada request yang di sediakan lewat link API. Dengan API Perangkat Android kita bisa terhubung dengan server, Dengan Kata Lain dari Android (client) -> server yang akan mengirim-kan sebuah param untuk penyimpanan data atau untuk yang lainnya.

Dan JSON Juga Memiliki 2 Fungsi yaitu:
1. json_encode : untuk mengubah array ke bentuk JSON
2. json_decode : untuk merngubah JSON ke bentuk array

Cara Menggunakan JSON:
untuk membuat output JSON di PHP cukup Mudah (Bagi Ane masih agak susah). Caranya... Kita tinggal membuat Variable Array yang memiliki key dan value, dan di encode dengan json_encode. setelah itu baru di print echo agar keluar sebagai output.

Contoh: 

Dan Dengan begitu anda akan mendapatkan output {key : "value"} dan anda tinggal request di device android project(misalnya) dan parsing response(output)dari server.

Sekian dari Saya, Mohon Maaf Apabila ada Kesalahan dan jika ada yang bingung silahkan komen di bawah Yo Masbro See You Again
Wassalamualaikum wr wb


Assalaualaikum wr wb Perkenalkan nama saya muhammad azhar dan saya tinggal di Depok Jawa Barat,’ Dan Saat ini saya sedang Menuntut Ilmu di Sekolah IDN di Jonggol’dan Lebih tepatnya di Bogor’Kalau ada Kesalahan atau apalah silahkan komen di bawah ini dan atau dengan memasukkan email saya azhardevelop@gmail.com ke dalam hangout kalian :)

1 komentar: